Apakah pentingnya Psikologi dalam Trading?
AP

AP

Mar 16, 2023

Apakah pentingnya Psikologi dalam Trading?

Dalam tulisan ini yang saya akan sampaikan adalah dari pengalaman saya pribadi selama terjun di dunia trading. Dan yang saya sampaikan tidak mengutip dari buku ataupun statement siapapun. Untuk teman-teman yang baru terjun di dunia trading dan sering mendapatkan saran ataupun sebuah pernyataan soal "Dijaga ya Psikologinya".

⁠Apakah yang memberitahu sendiri sudah paham betul Psikologi yang baik seperti apa ?. Banyak yang dalam hal ini hanya untuk membuat terlihat seolah seperti seorang yang sudah sangat berpengalaman dalam dunia trading dan kemudian orang tersebut akan dipuja-puja karena terlihat "sangat pro" dalam hal menjaga psikologi dan Money Management.

⁠Untuk teman-teman ketahui baik yang sudah pengalaman ataupun yang masih baru belajar, Psikologi itu sama halnya seperti kita membangun sebuah bisnis. ⁠Kita bahas perihal Psikologi kita ambil sebuah Analogi seperti ini :

⁠- Ketika kita sedang membangun sebuah usaha atau bisnis dalam permulaan semuanya berjalan cukup baik sehingga kita pun membayangkan kalau bisnis kita ini akan maju dengan pesat dan akan menghasilkan banyak pendapatan, tetapi ditengah perjalanan ada sebuah masalah yang muncul baik secara internal ataupun eksternal.

⁠Contohnya : Masalah pribadi mungkin ada masalah dengan keluarga, pasangan, anak ataupun hutang. Ada juga masalah eksternal seperti saingan bisnis yang mencoba mengganggu usaha kita, piutang yang tidak lancar dan juga cashflow yang tidak berjalan dengan baik. Pasti sedikit banyak hal ini akan mempengaruhi kondisi kita dalam mengambil sebuah keputusan. Hal inilah yang kita kita gambarkan sebagai psikologi trading, dimana dalam trading kita akan mengambil keputusan terhadap arah market, keyakinan terhadap hasil analisa, bagaimana mengatur kondisi portofolio dan masih banyak lagi hal lainnya.

Maka Psikologi kita pada saat kita akan melakukan sebuah tindakan dalam trading harus dalam kondisi yang netral ( bukan pandangan terhadap pasar). Kita sendiri boleh mengambil waktu sejenak untuk menenangkan pikiran agar keputusan yang diambil juga tidak terkesan tanpa perhitungan.

⁠Dan pasar yang kita hadapi itu bergerak hampir 24 jam untuk Forex dan 24/7 untuk Crypto. Kita tidak perlu takut kehilangan momentum, karena momentum itu akan kita dapatkan apabila kita dalam kondisi psikologi yang tenang dan tidak berpikir untuk balas dendam terhadap pasar.

⁠Saya pribadi sampai saat ini tetap belajar di bidang ini dan terus mengambil ilmu yang membuat saya lebih "dewasa" dalam mengambil keputusan dalam terjun ke market. Selalu catat trade dan Target kalian. Disiplin dalam trading plan yang sudah dibuat agar kita punya mental yang lebih terjaga (agar tidak berjudi).

⁠Yang perlu teman-teman ingat adalah Pasar itu bukan milik kita, jangan berpikir kalau kita bisa mengatur market. Cukup disiplin dan menerapkan trading plan yang baik agar tidak terbawa emosi dalam mengambil sebuah keputusan. Yang kalian pakai itu adalah uang, dan tujuan kita adalah mendapatkan pendapatan bukan untuk disetor kepada broker. ⁠ ⁠-Good Luck

AP

AP

An Ordinary Person

Comments Form

Related Posts

There's No Related Posts For Now